Labels

Langsung ke konten utama

Ini Dia Kesalahan Finansial Yang Harus Dihindari Dari Saat Ini


Dalam mengelola keuangan, ada beberapa bentuk kesalahan finansial yang harus dihindari. Hal ini tidak hanya berlaku bagi masyarakat umum saja, tetapi mereka yang dikenal sebagai pengusaha dan orang kaya pun patut untuk menghindarinya. Mengapa demikian? Karena setiap kesalahan beresiko tinggi untuk menghadirkan kerugian.

Mengenal bentuk-bentuk kesalahan finansial

Bagi Anda yang ingin menghindari kesalahan finansial, maka pastikanlah untuk memahami beberapa bentuk kesalahan finansial berikut ini :

1. Membeli barang yang tidak diperlukan

Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan orang-orang adalah pembelian barang yang tidak diperlukan. Banyak diantaranya orang yang menyukai barang tertentu dan mulai membelinya. Padahal jika dilihat dari manfaat serta fungsi yang dimilikinya, barang tersebut jelas tidak dibutuhkan olehnya.
Karena itulah sebelum membeli barang, maka pastikanlah terlebih dahulu manfaat serta fungsi yang dimilikinya. Barang yang benar-benar Anda butuhkan akan bermanfaat dan dapat Anda gunakan dalam jangka waktu lama. Dengan kata lain, pembelian barang tersebut akan lebjh hemat dan tidak merugikan.

2. Belanja tanpa anggaran jelas

Untuk memenuhi setiap kebutuhan, tentunya diperlukan anggaran yang jelas. Pasalnya apabila Anda melakukan kegiatan belanja tanpa anggaran yang telah ditentukan, maka kesalahan finansial yang fatal pun dapat terjadi dengan mudah Dalam hal ini peraturan menejemen keuangan Anda akan mengalami kerugian karena ketidak jelasan pada sistem pencatatan yang dimilikinya.

3. Menikmati zona nyaman

Tidak ada salahnya memang dengan menikmati zona nyaman, seperti halnya menikmati gaji bulanan yang Anda miliki. Namun beberapa pengeluaran yang tidak terduga seringkali keluar dari anggaran yang telah ditentukan. Karena itulah, ada baiknya bagi Anda untuk menghindari zona nyaman.
Salah satu cara menghindari zona nyaman dapat dilakukan dengan mencari pekerjaan baru. Seperti halnya pekerjaan paruh waktu atau freelance yang dapat memberikan Anda penghasilan lebih. Dengan penghasilan tersebut, pengeluaran tidak terduga yang Anda hadapi pun dapat ditutupi dengan mudah.

4. Tidak peduli pada denda

Kesalahan finansial terburuk lainnya yang juga patut untuk Anda hindari adalah membayar denda secara terus menerus. Banyak diantaranya orang yang tidak peduli dengan denda, karena nominal yang dimilikinya terbilang kecil. Padahal jika dibiarkan begitu saja, jelas pembayaran denda akan merugikan, apalagi jika hal tersebut dilakukan secara berulang.

5. Kurang memperhatikan masa depan

Dalam mengelola keuangan, masa depan menjadi bagian penting yang harus Anda perhatikan. Hal ini tidak hanya berlaku bagi para pengusaha yang menggunakan modal serta keuntungannya pada saat itu saja. Tetapi juga berlaku bagi Anda selaku masyarakat umum yang memiliki kesempatan hidup dalam jangka waktu lama.
Dengan kata lain pastikan untuk memperhatikan masa depan dengan melakukan pengelolaan keuangan dari saat ini. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan berinvestasi atau bahkan membuka usaha lain yang menguntungkan bagi masa depan Anda.
Dari penjelasan di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa sebagian besar kesalahan mengelola finansial berasal dari diri sendiri. Hal ini sesuai dengan anggapan masyarakat yang menyatakan beberapa hal di atas sebagai tindakan sepele. Namun hal-hal sepele seperti itulah yang apabila diabaikan justru dapat menimbulkan kerugian.
Karena itulah bagi Anda yang ingin mendapatkan masa depan lebih baik. Pastikan untuk memperhatikan beragam kesalahan finansial yang harus dihindari di bagian atas tadi.

Hi..saya Anisya Oktavianie, biasa dipanggil ica, raica dan bidadari surga. Aamiin. :)

Komentar