Labels

Langsung ke konten utama

Tips Mudah Menghemat Penggunaan BBM Kendaraan


Kenaikan harga BBM tentunya memberikan pengaruh tinggi bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya mereka yang memiliki mobil serta motor saja, tetapi para pengguna kendaraan umum pun turut merasakannya. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menghemat penggunaan BBM, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini :

Hal-hal yang harus dilakukan dalam tips hemat BBM

Untuk menghemat BBM, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan dengan mudah, seperti halnya : 

1. Lakukan perawatan mesin secara berkala

Tips pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghemat BBM kendaraan adalah melakukan perawatan pada mesin kendaraan secara berkala. Perawatan dapat Anda lakukan dengan mengganti mesin yang telah aus menggunakan mesin baru. Beberapa jenis komponen yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah busi, filter bensin, sensor udara juga bearing.
Selain menjadikan proses pembakaran lebih efektif dan efisien, sehingga bahan bakar yang digunakan pun lebih hemat. Perawatan mesin yang dilakukan secara rutin juga dapat menentukan performa mesin dengan lebih baik pula. Dengan demikian, perjalanan yang Anda lakukan pun terasa lebih aman dan nyaman.

2. Menjaga kondisi ban

Pemeriksaan tekanan pada ban juga menjadi bagian penting yang harus Anda perhatikan. Dalam hal ini, pastikan ban dari kendaraan Anda berada pada kondisi prima. Dengan kata lain, ban tidak berada dalam keadaan kempes dan dapat digunakan untuk perjalanan jauh.
Pasalnya apabila ban dalam kondisi buruk, seperti bocor, kempes atau bahkan pecah, tentu kendaraan Anda pun tidak dapat digunakan kembali. Sekali pun dipergunakan, kendaraan tersebut akan membahayakan para penumpangnya. Bahkan penggunaan BBM pada kendaraan tersebut pun akan terasa boros karena kondisi kendaraan yang berada pada tekanan tinggi.

3. Pemilihan oli yang tepat

Menggunakan oli kendaraan yang tepat dan sesuai adalah tips lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Pastikan Anda memilih jenis oli yang sesuai dengan kondisi dari kendaraan yang Anda miliki. Dengan demikian, gesekan yang dihasilkan pada mesin pun dapat bekerja dengan baik dan tentunya menjadikan mesin ringan hingga penggunaan BBM lebih hemat.
Lebih dari itu, penggunaan oli yang tepat juga dapat menjaga setiap bagian mesin dengan baik. Sehingga proses perawatan yang umumnya dilakukan dengan mengganti mesin pun dapat dihindari. Hal ini berlaku apabila oli yang digunakan mampu merawat mesin dan dapat membuatnya bertahan cukup lama.

4. Gunakan rute alternative

Tips terakhir yang dapat membantu Anda dalam menghemat bahan bakar adalah menggunakan rute atau jalur alternative. Memang tidak semua tempat yang dituju memiliki jalur alternative yang lebih dekat. Namun jika ada, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan rute yang lebih dekat sehingga penggunaan bahan bakar pun lebih hemat.

Hal-hal yang harus dihindari dalam tips hemat BBM

Selain beberapa hal yang harus Anda lakukan, ada pula hal lainnya yang akan lebih baik untuk anda hindari dan tidak dilakukan, agar BBM kendaraan Anda lebih hemat dari sebelumnya. Beberapa hal tersebut dinatranya adalah : 

1. Hindari memanaskan mesin kendaraan terlalu lama

Banyak orang yang beranggapan bahwa kendaraan harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Apabila kendaraan dipanaskan terlebih dahulu, maka performa yang dimilikinya pun akan lebih baik. Padahal jika Anda memanaskannya terlalu lama, kendaraan tersebut tentu akan menghabiskan BBM yang dimilikinya dengan percuma.

2. Hindari muatan berlebih

Muatan berlebih yang terdapat dalam kendaraan tentunya akan mempengaruhi proses akselerasi berubah menjadi sulit. Hal ini berkaitan dengan kerja mesin yang berat dan menghabiskan cukup banyak BBM. Karena itulah hindari muatan berlebih dalam kendaraan, seperti halnya pada penyimpanan bagasi atau bahkan penumpang dalam jumlah banyak

3. Tidak melakukan pengereman mendadak / terlalu sering

Sistem pengereman yang Anda lakukan dalam kendaraan bermotor, faktanya memiliki korelasi dengan penggunaan BBM. Semakin sering Anda melakukan pengereman termasuk rem mendadak, maka semakin besar pula jumlah BBM yang harus Anda buang. Karena itulah pastikan untuk berkendara dengan laju yang stabil, sehingga dapat menghindari pengereman secara berulang kali.

4. Hindari Menyalakan AC secara berlebih

Penggunaan AC di dalam mobil tentunya membutuhkan tenaga ekstra dari mesin yang dimilikinya. Hal jni jelas mempengaruhi penggunaan BBM yang tentunya jauh lebih boros apabila dibandingkan dengan tidak menggunakan AC. Karena itulah, pastikan untuk menggunakan AC dengan tepat disaat Anda membutuhkannya saja.

5. Hindari tempat parkir yang panas

Memarkirkan kendaraan di tempat yang teduh adalah tips lainnya yang harus Anda ikuti untuk menghemat penggunaan BBM. Pasalnya apabila kendaraan ditempatkan di area parkir yang panas, maka bahan bakar yang dimilikinya pun dapat menguap dengan mudah. Untuk itu, pastikanlah Anda mencari lahan parkir yang teduh dan nyaman.
Demikianlah kiranya beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam menghemat peggunaan BBM
kendaraan. Selain menjaga kondisi keuangan Anda, beberapa tips tersebut juga membantu merawat
kendaraan yang Anda miliki. Untuk itu, pastikanlah Anda mengikutinya mulai dari saat ini.

Hi..saya Anisya Oktavianie, biasa dipanggil ica, raica dan bidadari surga. Aamiin. :)

Komentar