Labels

Langsung ke konten utama

Langkah Tepat Dari Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Bagaimana cara menjaga kesehatan bayi dengan benar dan tepat? Menjaga bayi agar tetap sehat terbilang gampang-gampang susah. Bagi orang tua yang telah memiliki pengalaman tentunya akan terasa mudah, namun bagi mereka yang baru menjadi orang tua justru sebaliknya. Karena itulah jika Anda merasa bingung, cobalah untuk mengikuti beberapa langkah tepat dalam menjaga dan merawat bayi berikut ini :

Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Bayi 

Sebagai langkah awal dalam menjaga kesehatan bayi, anda dapat melakukannya dengan mengikuti beberapa tips di bagian bawah ini:

1. Memandikan bayi

Mandi adalah hal wajib yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan, baik itu pada anak-anak hingga orang dewasa sekali pun. Hal ini juga berlaku pada bayi, yang tentunya harus menjaga kebersihan. Apalagi bayi terlahir dengan kondisi kulit yang masih sensitif, sehingga penggunaan air dan peralatan mandi pun harus diperhatikan dengan lebih teliti.

2. Mencuci tangan agar selalu bersih

Masih berkaitan dengan kondisi kulit bayi yang masih sensitif, sehingga rawan untuk terkena penyakit atau masalah kesehatan kulit. Karena itulah pastikan untuk selalu mencuci tangan agar tetap bersih. Hal ini berlaku bagi siapa pun yang hendak menyentuh bayi, terutama ibu yang banyak melakukan kontak fisik dengannya.

3.  Mengganti popok bayi

Mengganti popok bayi adalah hal rutin yang harus segera dilakukan. Pasalnya apabila bayi dibiarkan dengan kondisi popok yang telah penuh, tentunya akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Bahkan dalam beberapa kasus, penggunaan popok terlalu lama dapat menimbulkan lecet serta infeksi dan lainnya.

4.  Mencuci botol susu

Untuk beberapa bayi yang terbiasa menggunakan botol susu, pastikanlah untuk menjaga kebersihannya. Pasalnya dengan botol susu yang bersih, maka kesehatan bayi pun dapat dijaga dengan mudah. Begitu pun sebaliknya, apabila botol yang digunakan kotor maka bayi akan rentan terkena penyakit.

5.  Melakukan imunisasi

Setiap orang tua memiliki pilihan terbaik bagi anak-anaknya. Ada yang memilih untuk memberikan imunisasi dan ada pula yang tidak memberikannya. Setiap hal yang dilakukan tentu memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Namun bagi Anda yang paham dengan dunia kesehatan tentunya akan memilih untuk memberikan imunisasi.
Pasalnya pemberian imunisasi bukan hanya berkaitan dengan pencegahan atas penyakit tertentu saja. Tetapi juga berpengaruh pada sistem imun yang dimiliki anak, serta pertumbuhan yang dialaminya.


Jaga Pula Kesehatan Ibu Bayi

Kesehatan ibu juga memberikan pengaruh tinggi pada kesehatan bayi. Karena itulah, langkah untuk menjaga kesehatan bayi serta balita selanjutnya dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan ibu, seperti melalui kegiatan berikut ini :


1. Jaga kebersihan dan pola hidup sehat

Ibu yang terbiasa menjaga kebersihan, tentunya akan menjaga kebersihan dari bayi yang dimilikinya pula. Termasuk dalam pola hidup, jika pola hidup ibu sehat kemungkinan bayi pun akan berada dalam kondisi sehat pula. Karena itulah ibu memberikan pengaruh tinggi pada kondisi kesehatan bayi.


2. Penuhi kebutuhan gizi bayi  

Selain itu, ibu juga menjadi sumber makanan yang dimiliki bayi. Dengan produksi ASI yang mencukupi, bayi dapat memenuhi kebutuhan gizi serta nutrisi dengan lebih baik. Untuk itu penting bagi ibu dalam menjaga kebersihan diri, sehingga ASI yang dihasilkannya pun lebih sehat.


Perhatikan kondisi lingkungan sekitar

Untuk langkah selanjutnya dapat Anda lihat dari lingkungan sekitar bayi, seperti memperhatikan beberapa hal berikut ini :


1. Kemanan dan kebersihan rumah 

Dalam hal ini pastikanlah Anda membuat kondisi rumah seaman mungkin bagi bayi. Hal ini juga berlaku pada kondisi ventilasi rumah, seperti memastikan udara di ruangan agar selalu terjaga kebersihannya.


2. Interaksi dalam lingkungan sosial 

Selain kondisi dari lingkungan sekitar, pastikan pula untuk memperhatikan interaksi yang dilakukan dengan tamu yang datang. Apabila mereka ingin menyentuh bayi Anda, pastikanlah untuk mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan hand sanitizer. Selain itu hindari kontak fisik berlebih, seperti mencium atau memeluk bayi.


3. Hal-hal yang harus dihindari 

Selain beberapa tips di bagian atas tadi, pastikan pula untuk menghindari beberapa hal di bagian bawah ini dalam cara merawat bayi :
·         Hindari mengabaikan tangisan bayi
·         Hindari membiarkan bayi seorang diri
·         Hindari mengabaikan ekspresi bayi
·         Hindari menakut-nakuti bayi
·         Hindari bertengkar di depan bayi
Dari beberapa tips di bagian atas tadi dapat Anda lihat bahwa menjaga bayi agar tetap sehat, memerlukan perhatian khusus. Baik itu perhatian pada bayi, orang tua utamanya ibu, serta lingkungan di sekitarnya. Dengan mengikuti beberapa tips tadi, tentunya Anda pun dapat menjaga kesehatan bayi dan melindunginya dengan lebih baik


Hi..saya Anisya Oktavianie, biasa dipanggil ica, raica dan bidadari surga. Aamiin. :)

Komentar