Labels

Langsung ke konten utama

Dokumenter MPKL - Kampung Adat Pulo Garut

Manajemen Produksi Kearifan Lokal atau MPKL adalah salah satu materi perkuliahan yang saya dan teman-teman dapatkan selama mengenyam bangku pendidikan S1 di jurusan Sastra Sunda Unpad. Mata perkulihan yang diampu oleh Yth, Bapak Taufik Ampera, M. Hum, ini mengenalkan saya pada beberapa bagian kearifan lokal yang berada di lingkungan masyarakat sekitar, khususnya pada bagian dari kampung adat Sunda yang masih bertahan  hingga saat ini.

Seingat saya, entah benar atau tidak. Pelajaran ini saya dapatkan pada semester 5 atau tahun ke-3 dari masa perkuliahan. Saat itu seluruh mahasiswa diberikan tugas untuk merekam bagaimana kearifan lokal yang ada di kampung adat dalam bentuk video dokumenter serta album foto. Untuk memenuhi tugas perkuliahan tersebut, maka setiap mahasiswa pun mulai melakukan penelitian dengan cara berkelompok. Kelompok tersebut dapat dipilih dengan bebas sesuai keinginan mahasiswa, termasuk untuk objek penelitiannya yang berupa kampung adar itu pun terserah mau pilih yang mana.

Kelompok saya sendiri terdiri dari delapan orang mahasiswa, yang diantranya adalah 5 putri cantik, yaitu  saya, my besties Yukeu, Desi, Amel, Zeda, dan 3 pangeran tampan nan gagah yaitu my beloved Yasfi, Oki dan juga Mumu! Haha (^o^) Tapi selain bagian dari kelompok, ada juga orang gak tau malu yang kerjaannya ngintil-ngintil mulu. Pengen tau siapa? Oke, siapa lagi kalo bukan Dede Mudofar! Maaf ya bahh.. :P Hehe Beliau ini emang gak sekelompok sama saya. Tapi lumayanlah kehadirannya selain menghibur juga cukup membantu proses penelitian yang dilakukan oleh kelompok saya ini. Hihi

Perjalanan dari penelitian ini pun dimulai dengan mengunjungi Kampung Adat Pulo yang berlokasi di Garut. Kampung adat ini terkenal dengan Candi serta Situ Cangkuang yang dimilikinya. Karena itulah selain berperan sebagai pemukiman masyarakat adat Sunda, kampung adat pulo juga menjadi destinasi wisata sejarah dan religi bagi masyarakat di sekitarnya.

Barikut ini adalah penjelasan dari penelitian yang kelompok saya dapatkan dalam bentuk video dokumenter, sedangkan untuk album fotonya itu sendiri datanya sudah dikumpulkan pada pihak  dosen tercinta yaitu Yth, Bapak Taufik Ampera, M.Hum. 

Buat kalian yang kepo pengen tau hasil penelitiannya, boleh ditonton ko, nih gais! Hehe :D



#latepost


Hi..saya Anisya Oktavianie, biasa dipanggil ica, raica dan bidadari surga. Aamiin. :)

Komentar