Assalamulaikum wr. wb.
Buat temen-temen yang
butuh Program Belajar Mingguan buat anak berkebutuhan khusus
(ABK) tingkat SDLB, SMPLB dan SMALB. Berikut ini ada beberapa program yang udah
aku bikin, kali ini untuk program mingguan ke-3. Gak lengkap sih, tapi mayan
lah buat yang megang kelasnya sama boleh dipake nih!
Sok gais, manga dicopas!
:D
Program
Belajar Mingguan SLB Brillian Nurfitri
Satuan Pendidikan : SDLB-C
Kelas : 1 ( Satu )
Tema : 1. Diriku
Subtema : 1. Aku dan Teman Baru
Jadwal
Tugas Mingguan
Senin :
Perhatikan gambar
berikut!
Selasa :
Perhatikan gambar di bawah !
1. Cari gambar yang jumlahnya satu dan tuliskan angkanya pada kotak yang disediakan!
2. Cari gambar yang jumlahnya dua dan tuliskan angkanya pada kotak yang disediakan!
3. Cari gambar yang jumlahnya tiga dan tuliskan angkanya pada kotak yang disediakan!
4. Cari gambar yang jumlahnya empat dan tuliskan angkanya pada kotak yang disediakan!
5. Cari gambar yang jumlahnya lima dan tuliskan angkanya pada kotak yang disediakan!
Rabu :
Mengenal
bentuk persegi panjang!
Jum’at :
Belajar
Menulis!
Program
Belajar Mingguan SLB Brillian Nurfitri
Satuan Pendidikan : SDLB-C
Kelas : III ( Tiga )
Tema : 6. Lingkungan Bersih,
Sehat dan Asri
Subtema : 1. Lingkungan Rumahku
Jadwal
Tugas Mingguan
Senin :
Mengenal kebiasan baik
dan buruk!
1. Berilah
tanda ( √ ) pada gambar kebiasaan yang baik.
2. Berilah
tanda ( x ) pada gambar kebiasaan yang buruk.
Selasa :
Perhatikan gambar di
atas dan jawab pertanyaan berikut!
1. Ani
sedang ………. lantai
2. Ojan
membuang ………… sembarangan
3. Upin
dan ipin sedang …………. dinding
4. Tumpukan
………. kotor
5. Ina
menyimpan ………. di atas meja
6. Rudi
membereskan ………..
*Orang
tua memberikan pertanyaan & dijawab oleh anak, dokumentasikan dalam bentuk
video!
Rabu :
Belajar berhitung!
Ceritakan
/ praktekkan pada anak dan biarkan anak menjawabnya.
1. Ibu
membawa 5 buah piring dari dapur, kemudian 3 piring diberikan pada anak. Berapa
sisa piring di tangan ibu?
2. Ibu
memberikan anak 3 buah permen, kemudian ayah memberikan anak 2 buah permen. Berapa
permen yang anak (kamu) miliki?
Lakukan beberapa model
penjumlahan serta pengurangan lainnya dengan jumlah maksimal 5, hingga anak
mulai terbiasa menghitung angka 1-5 !
Kamis :
Hitunglah!
Jum’at :
Hitunglah!
Program
Belajar Mingguan SLB Brillian Nurfitri
Satuan Pendidikan : SDLB-C
Kelas : VI ( Enam )
Tema : 6. Merawat Hewan dan
Tumbuhan
Subtema : 1. Hewan di Sekitarku
Jadwal
Tugas Mingguan
Senin :
1. Ceritakan
mengenai hewan yang kamu pelihara, jika tidak memelihara hewan maka boleh
menceritakan hewan yang ada di lingkungan rumahmu!
2. Tirukan
3 suara hewan yang ada di lingkungan rumahmu!
*Dokumentasikan
dalam bentuk video!
Selasa :
Menyanyikan
lagu “Anak Ayam”
Tek kotek,
kotek kotek. Anak ayam turunlah berkotek
Tek kotek,
kotek kotek. Anak ayam turunlah berkotek
Anak ayam
turunlah empat. Mati satu tinggallah tiga
Anak ayam
turunlah tiga. Mati satu tinggallah dua
Tek kotek,
kotek kotek. Anak ayam turunlah berkotek
Tek kotek,
kotek kotek. Anak ayam turunlah berkotek
Anak ayam
turunlah dua. Mati satu tinggallah satu
Anak ayam
turunlah satu. Mati satu tinggallah induknya
*Dokumentasikan
dalam bentuk video!
Rabu :
1. Sebutkan
masing-masing gambar timbangan di bawah ini, kemudian tulis di buku tugas.
2.
Program
Belajar Mingguan SLB Brillian Nurfitri
Satuan Pendidikan : SMPLB-C
Kelas : VII ( Tujuh )
Tema : 1. Mengenal Cuaca dan
Musim
Subtema : 1. Bermain
Jadwal
Tugas Mingguan
Senin :
Berdirilah
di tempat yang terkena sinar matahari.
Fokuskan
kegiatanmu terhadap hal-hal berikut.
1. Amati
tumbuhan apa yang ada di sekitarmu?
2. Amati
binatang apa yang ada di sekitarmu?
3. Apa
yang kamu rasakan selama tubuhmu terkena sinar matahari?
Tulis
dalam buku tugas, kemudian dokumentasikan dalam bentuk video dan foto.
Selasa :
Matahari terbit di pagi hari.
Matahari tenggelam di sore hari.
1.
Kapan
matahari terbit?
2.
Kapan
matari tenggelam?
3.
Tuliskan
5 manfaat matahari untuk mahluk hidup?
Tanyakan
pada orang tua atau meminta bantuan saudara dan tulis jawabannya di buku tugas.
Rabu :
Malam hari saat matahari tidak bersinar bumi menjadi
gelap.
Sebagian besar manusia tidak bekerja.
Mereka beristirahat setelah seharian beraktivitas.
Diskusikan
dengan temanmu atau orang tua untuk menjawab pertanyaan berikut.
1. Mengapa
manusia perlu beristirahat?
2. Apa
manfaat istirahat bagi manusia?
3.
Bagaimana cara manusia beristirahat?
Kamis :
Ayo berhitung!
Perhatikan
penggarismu.
Di
penggaris itu tertera angka.
Angka itu
berurutan dari kiri ke kanan.
1.
Coba
gambar penggarismu beserta angkanya
Jum’at :
Perhatikan
gambar berikut!
Isilah
sesuai dengan gambar di bagian atas tadi!
Program
Belajar Mingguan SLB Brillian Nurfitri
Satuan
Pendidikan : SDLB-B
Kelas
: IV ( Empat
)
Tema
: 4. Aku
dan Sekolahku
Subtema
: 1. Tugas-tugas Sekolahku
Jadwal
Tugas Mingguan
Senin :
Tulis
kembali di buku tugas!
Selasa :
Perhatikan
gambar berikut !
Rabu :
Tulis kembali cerita di
bawah ini pada buku tugas!
Dayu dan Lani menuju
kantin sekolah. Di kantin sekolah, dijual berbagai macam kue.
Harga kue
berbeda-beda. Dayu ingin membeli satu kue.
Dayu membawa satu
lembar pecahan uang.
Nilai pecahan uang yang dibawa dayu seribu rupiah.
Kamis :
Jum’at :
1. Buatlah
gambar “Burung Garuda” di buku gambar dan warnai.
Program
Belajar Mingguan SLB PGRI Pasir Jambu
Satuan
Pendidikan : SMALB-C
Kelas
: X ( Sepuluh
)
Tema
: 1.
Aktivitas Bersama
Subtema
: 1. Menonton
Pertunjukkan
Jadwal Tugas Mingguan
Selasa :
Tuliskan kembali pada
buku tugas!
Menonton
pertunjukan harus membeli tiket masuk
Harga
tiket masuk bervariasi. Ada yang murah, ada yang sedang, dan ada yang mahal.
Masuk
ke gedung pertunjukan harus antri. Karena tempat duduk yang disediakan
Sesuai
dengan tiket tanda masuk
Rabu :
Belajar berhitung!
1. Oni, Oki, dan ibu bapaknya ingin menonton pertunjukan di gedung kesenian. Mereka membeli tiket bersama untuk harga yang paling murah yaitu Rp. 40.000,- untuk satu orang. Berapa ayah harus membayar harga tiketnya?
2. Oni, Riza, Tagor, Beto, Meilani, Dini dan Pak Sukoco pergi menonton pertunjukan di gedung kesenian. Jika mereka membeli tiket harga paling murah Rp 25.000,-. Berapa uang yang digunakan untuk membayar harga tiket semuanya?
3. Meilani menonton bersama 5 orang keluarganya. Mereka membeli tiket yang paling mahal yakni: Rp 100.000,- /tiket, karena tiket yang lebih murah sudah habis. Berapa uang yang digunakan untuk membayar harga tiket semuanya?
Kamis :
1. Urutan
gambar kegiatan yang benar adalah?
2. Gambar
mana yang menunjukkan aktivitas masuk ke dalam gedung pertunjukkan?
3. Gambar
mana yang menunjukkan aktivitas keluar dari dalam gedung pertunjukkan?
4. Gambar
mana yang menunjukkan aktivitas menonton pertunjukkan?
5. Gambar
mana yang menunjukkan aktivitas pembelian tiket pertunjukkan?
Jum’at:
Tulis kembali dalam
buku tugas!
Antri
saat membeli tiket di loket
Antri
saat masuk gedung pertunjukan
Antri
saat masuk gedung pertunjukan
Antri
masuk kelas
Antri
keluar kelas
Antri
masuk kendaraan umum (kereta api)
Catatan
:
Jika
anak belum bisa menulis secara mandiri, maka bentuk tulisan boleh menebalkan
atau meniru dan dibantu orang tua dalam memberikan tugas tulisan / contoh
tulisan.
Komentar
Posting Komentar