Labels

Langsung ke konten utama

Kenapa tubuh 'Bergidik' setelah pipis?

Pernah gak sih kalian ngerasa aneh setelah pipis? Oke, kalau saya sih jujur ajah pernah dan bahkan cukup sering. Kenapa? Aneh ajah, selesai pipis ko tubuh tiba-tiba bergidik ya? Sempet mikir, mungkin karena udara yang masuk ke dalam tubuh, setelah air pipis yang keluar, atau mungkin tanpa sadar saya merasa takut ketika di kamar mandi? Okeh, itu sih namanya merinding bukan bergidik! Haha :D

Jadi gini gais, setelah saya baca beberapa artikel dari internet, kini saya temukan jawabannya! Pada dasarnya tubuh manusia itu berbeda antara satu sama lainnya, perbedaan ini secara fisik dapat dilihat dari ukuran alias berat. Ada orang yang punya tubuh gemuk, kurus, dan ada juga yang normal-normal ajah kaya sayah, iya sayah. Heheh becanda denk, yang bener cuma ada dua tipe, seperti yang disebut pertama tadi.

Tubuh manusia sekitar 60% nya dipenuhi sama kandungan air, hal ini juga turut dipengaruhi oleh berat badan itu tadi. Uniknya, orang yang punya berat badan kurus justru memiliki kandungan air yang lebih banyak dalam tubuh atau sekitar 65%. Beda dengan orang yang punya badan gemuk, kandungan air dalam tubuh orang ini hanya mencapai 55% saja.

But, no what-what gais, gak usah khawatir selama kandungan air tersebut masih bisa kalian pertahankan. Cause, air itu punya manfaat yang penting buat tubuh, utamanya dalam menjaga sistem metabolisme dengan lebih stabil.

Meskipun ukuran tubuh  yang berbeda menghasilkan kadar air yang berbeda pula, tapi tubuh punya cara tersendiri untuk mengaturnya, sebut ajah cara ini sebagai ’Alarm Otomatis’. Adanya alarm tersebut membuat tubuh semakin tahu dengan kondisinya  sendiri, apakah ia berada dalam keadaan yang kelebihan atau justru kekurangan cairan?  Jika kekurangan, umumnya kalian akan merasa haus. Namun jika kelebihan yang terjadi, maka timbullah perasaan cinta. Eh sorry, perasaan ingin pipis maksudnya. Haha (Alhamdulillah, ini namanya keajaiban tubuh yang diberikan sama Allah buat kita gais! Jangan lupa bersyukur yaa J )

Umumnya tempat yang memiliki suhu tinggi, dapat membuat suhu tubuh seseorang yang berada di tempat tersebut ikut memanas pula. Nah, untuk menstabilkan suhu tubuh yang dimilikinya, maka tubuh pun secara otomatis akan mengeluarkan keringat, yang pastinya gak jarang bikin orang disekitar tutup hidung akibat baunya yang tidak sedap. Ups, kalo saya sih gak! #PD :p 

Hal ini jelas beda dengan kondisi tubuh seseorang yang berada di tempat dengan suhu dingin. Biasanya tubuh yang terkena suhu dingin akan memproduksi panas. Sementara itu, selain menghasilkan pans, tubuh juga ikut memproduksi air yang pada akhirnya harus dibuang dan di kenal dengan istilah pipis di kalangan masyarakat Indonesia tercinta.

Karena suhu tubuh yang panas, maka ia pun akan keluar bersamaan dengan air pipis itu tadi, itulah kenapa air pipis terasa hangat. Dengan menghilangknya sebagian panas tubuh, untuk menstabilkan kondisi suhu dalam tubuhnya menjadi panas kembali, maka tubuh pun harus mengaktifkan otot-otot, karena dengan otot yang aktif panas tubuh akan kembali stabil. Sedangkan cara untuk mengaktifkan otot dalam tubuh, itu dapat dilakukan dengan membuat tubuh menggigil atau bergidik terlebih dahulu.

Jadi itulah sebabnya gais, kenapa setelah kencing orang seringkali bergidik! Karena untuk mengganti suhu atau panas dalam tubuh menjadi lebih seimbang apalagi ika panas yang dikeluarkan berada dalam jumlah banyak, dan begitu pun sebaliknya. 

date : 180416
Hi..saya Anisya Oktavianie, biasa dipanggil ica, raica dan bidadari surga. Aamiin. :)

Komentar